Mengetahui Pure tidaknya Essential Oil

Saat ini banyak marketing memasarkan beragam essential oil  dalam berbagai kisaran harga. Namun tidak semua essential Oil tersebut berkhasiat karena tidak semua essential Oil yang ditawarkan adalah pure essential Oil. Ada sebagian yang ternyata bukan pure essential Oil , namun menggunakan tulisan essential Oil. Orang awam yang tidak begitu memperhatikan bisa saja terkecoh dan mengira essential oil yang ingin dibelinya adalah benar-benar murni essential Oil.

Essential oil pure adalah ekstrak murni dari tanaman-tanaman tertentu yang selain memberikan efek terapi untuk psikologis juga memiliki manfaat-manfaat tertentu bagi perawatan kulit dan juga bagi kesehatan.  Essential oil beragam jenisnya, mulai yang berasal dari bunga  seperti rose, lavender, jasmine atau geranium hingga yang berasal dari rempah  karena berasal dari bagian biji, akar, batang atau daun seperti pala, akar wangi, kayumanis dan kayuputih. Essential oil yang berasal dari bunga harganya amat tinggi karena untuk mendapat satu mililiter essential oil nya saja dibutuhkan ribuan kuntum bunga.  Essensial Oil pure jasmine/ melati, harganya bisa mencapai 20 juta rupiah per kilogramnya. Bila essential Oil jasmine dijual  hanya  Rp3.500 per 5 ml, maka produk-produk essential oil tersebut adalah bukan pure essential oil. Isi botol-botol essential Oil bukan pure itu berisi pewangi melati / jasmine sintetis yang selain tidak memberikan manfaat apapun, juga mungkin berbahaya jika diaplikasikan ke kulit.

Industri parfum telah lama berhasil membuat sintesis essential oil seperti jasmine, rose,  dan lavender. Wanginya memang mirip namun  komposisi zat kimianya berbeda. Essential oil pure memiliki komposisi kimia yang cukup kompleks sehingga sukar ditiru, termasuk zat aromatik yang terkandung di dalamnya.

Memastikan essential oil alami alias yang asli memang tidak mudah. Untuk mengetahui essential Oil pure atau tidak, dapat diketahui melalui tes kromatografi. Tes kromatografi adalah uji laboratorium yang mengenali keaslian essential oil. Namun harga tes kromatografi tidak murah.  Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengetahui pure tidaknya suatu essential oil. Cara-cara tersebut antara lain adalah :

  • Essential oil pure biasanya dikemas dalam botol kaca gelap. Bila kemasan menggunakan botol-botol kaca bening berukuran kecil dalam aneka wangi sebaiknya jangan dibeli. Sebab hampir bisa dipastikan itu essential oil sintetis atau telah dicampur pelarut.
  • Harga essential oil bervariasi. Apabila menemukan essential oil dengan volume dan harga yang sama sebaiknya jangan dibeli. Pasalnya bahan baku essential oil berasal dari alam. Logikanya kalau kita membeli 1 kg bunga mawar vs 1 kg biji pala harganya tentu berbeda.
  • Apabila diteteskan di atas kertas dan didiamkan hingga beberapa jam, essential oil pure tidak akan meninggalkan bekas karena ia cepat menguap. Note: Hal ini tidak berlaku untuk jenis yang berwarna pekat dan kental seperti patchouli atau vetivert.
  • Sejumlah oil seperti green tea, lily, lotus, strawberry, apel, vanilla hampir bisa dipastikan adalah essential oil sintetis karena tanaman aslinya tidak dapat diekstrak / didistilasi.

Spa Essentia Natural memproduksi dan menjual essential Oil yang dijamin keasliannya. Hal ini karena bahan-bahan alami yang terkandung di dalam essential Oil dari Spa Essentia merupakan ekstrak murni dari bunga-bunga atau rempah-rempah dan tentunya berkhasiat.


Category:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *